Pada Kamis (12/10/2024), Mahasiswa Universitas Alauddin Makassar jurusan Ilmu Komunikasi melaksanakan kunjungan survey di PT. Astra Honda Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini bertujuan untuk memenuhi tugas kunjugan yang diberikan oleh Suryani Musi, S.I.Kom., M.I.Kom., dengan fokus untuk mengetahui komitmen Astra Honda dalam keamanan dan pelayanan konsumen serta pengembangan motor listrik di wilayah Sulawesi Selatan, terutama di Kota Makassar.
Kunjungan tersebut disambut oleh Dwi Priyatno, HC3 Supervisor, yang membahas mengenai pengembangan motor listrik dan komitmen dalam keamanan serta pelayanan konsumen. Dwi Priyatno mengutip pernyataan dari Direktur Astra Honda Motor yang menyatakan bahwa "produksi motor listrik Honda dilakukan untuk mendukung realisasi netralitas karbon dan menjawab kebutuhan pecinta sepeda motor listrik di Indonesia."
Astra Honda Wilayah Sulsel melihat potensi pasar sepeda motor listrik yang cukup menjanjikan, terutama di Kota Makassar, meskipun saat ini sepeda listrik masih lebih dominan. Konsumen menunjukkan antusiasme positif terhadap motor listrik Honda dan menikmati berbagai keuntungan, termasuk akses ke jaringan layanan luas AHAS (Astra Honda Authorized Service Station) dan bengkel resmi lainnya. dan program Honda Care yang memberikan bantuan darurat di jalan.
Terkait rancangan pemerintah yang mendorong penggunaan motor listrik di Indonesia, Astra Honda menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan motor listrik dan berjanji untuk selalu beradaptasi dengan aturan yang berlaku. Sementara itu, keberadaan motor listrik di Makassar belum mengancam pasar sepeda motor konvensional.
Terkait laporan pencurian motor Honda yang sering terjadi, Astra Honda menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh besarnya pangsa pasar Honda di Indonesia. Mereka terus mengedukasi konsumen tentang pentingnya memanfaatkan semua opsi keamanan yang tersedia. Komunitas Honda Community juga aktif dalam mensosialisasikan pengamanan motor dan keselamatan berkendara melalui acara seperti Honda Bikers Day. Selain itu, Astra Honda telah meningkatkan fitur keamanan pada produknya, seperti sistem kunci pintar, untuk mengurangi risiko pencurian.
Astra Honda sudah memiliki setiap dealer sudah memiliki Penanggung Jawab (PIC) untuk menangani komplain. Konsumen bisa langsung menghubungi dealer, di mana ada pihak yang siap membantu. Jika masalah tidak dapat diselesaikan di level dealer, ada proses eskalasi yaitu dealer akan berkoordinasi dengan main dealer (kantor pusat) untuk menyelidiki lebih lanjut.
Di setiap provinsi atau kota, ada sistem hierarkis mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga kota dan provinsi. Kami selalu mendengarkan masukan dan keluhan dari konsumen, baik melalui dealer maupun platform lainnya.
Astra Honda juga menanggapi keluhan konsumen melalui dealer dan platform online seperti Google My Business, selalu mendengarkan masukan dan keluhan dari konsumen dan siap menangani isu-isu yang muncul yang timbul di masyarakat.