Gowa, 4 Oktober 2024 – 4 mahasiswa dari jurusan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, semester 5, melakukan kunjungan studi ke Astra Honda Motor Cabang Gowa pada Jumat, 4 Oktober 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas lapangan mata kuliah Studi Kasus Public Relation (SKPR) oleh Dosen Pengampu Suriyani Musi, S.I.Kom, M.I.Kom.
Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan wawancara terkait isu yang pernah menimpa Honda Motor. Isu tersebut menjadi bahan kajian yang penting bagi para mahasiswa dalam memahami strategi komunikasi perusahaan dalam menangani krisis. Kunjungan ini difokuskan untuk menggali informasi langsung dari pihak Astra Motor.
Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa melakukan wawancara eksklusif dengan Bapak Abd Aziz, Marketing Executive Astra Honda Motor Cabang Gowa. Beliau menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan perusahaan untuk meredam isu dan menjaga reputasi mereka di tengah masyarakat.
“Kami segera mengeluarkan pernyataan resmi yang jelas dan transparan dan Menggunakan platform media sosial untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara real-time. Melalui media sosial, Astra Motor Honda dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka mengenai isu yang sedang beredar”. Ujar nya
Diskusi juga mencakup strategi pemasaran dan hubungan masyarakat yang diterapkan oleh Astra Motor untuk membangun citra positif kembali.