Peran Owner Kedai Bella dalam Manajemen PR:Dari Pengelolaan Hingga Interaksi Pelanggan

  • 04 Oktober 2024
  • 09:37 WITA
  • Admin IKOM
  • Berita

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Kelas C Angkatan 2022 UIN Alauddin Makassar, melakukan kunjungan ke salah satu warkop yang ada di Samata, Gowa, yaitu Warkop Kedai Bella pada Jumat(4/10/2024)


Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas kuliah Studi Kasus Public Relations dengan dosen mata kuliah Suryani Musi S.Sos M.Ikom.


Kunjungan kali ini tak hanya sebatas kunjungan semata saja. Melainkan, mereka juga belajar banyak tentang bagaimana peran dari seorang Owner tanpa humas dan PR. 


Kunjungan tersebut disambut baik oleh Rangga selaku Owner Kedai Bella. Dia menjelaskan bahwa dalam usaha warkop yang dirintisnya ini tidak memiliki humas atau tim khusus.


Ia menegaskan, meskipun tanpa PR, warkop ini selalu mengandalkan hubungan personal yang baik dengan para pelanggan dan suasana yang ramah untuk menciptakan loyalitas, serta menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui komunikasi yang efektif untuk mendapatkan kepercayaan dan reputasi yang baik.


"Dalam sebuah usaha komplain adalah sebuah apresiasi bagi saya pribadi, itu tandanya masih ada yang ingin memberikan kita evaluasi untuk membenahi kekurangan yang ada," ucapnya.


Ia juga mengatakan, masukan dan saran sangat berarti untuknya. Sebagai bentuk evaluasi dan membuat pelanggan nyaman tentunya.


Terakhir, kunjungan lapangan ini ditutup dengan pengambilan foto bersama.