Picu Optimisme Mahasiswa Semester I, Dosen Jurnalis Online Ini Bebabankan Tugas Menantang Pada Mahas

  • 05-12-2018
  • 04:58 WITA
  • admin_kms
  • Berita

Haidir Fitra Siagian, S.Sos., M.Si., Ph.D. sebagai Dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, merupakan salah satu dosen yang mengambil mata kuliah Jurnalisme atau Jurnalistik Online. Dosen yang kerap disapa mahasiswanya “Pak Haidir” ini, adalah dosen yang dianggap sangat dekat dengan mahasiswa, ramah, dan humoris.

Pada matakuliah Junalisme Online yang diampunya, Haidir Fitra Siagian terus memberikan dorongan kepada mahasiswanya untuk dapat menuangkan ide dan gagasan serta ekspresi realitas dalam bentuk tulisan. Beliau juga kerap memotivasi mahasiswanya dengan mengemukakan prestasi-prestasi apa saja yang pernah belaiu dapatkan selama bergelut dalam dunia kepenulisan, “apa yang telah saya ungkapkan ini bukan untuk membanggakan diri, tetapi semata-mata untuk memotivasi kalian agar bisa juga menjadi penulis hebat,” tuturnya pada saat mengajar.

Kali ini, untuk memicu optimisme mahasiswa semester I Jurusan Jurnalistik, Haidir Fitra Siagian membebankan tugas individual menulis berita kemudian dimuat di media online. Namun yang menjadi tantangan terbesar adalah setiap mahasiswa harus mempunyai media online pilihan yang berbeda dengan jangka waktu yang diberikan hanya sepekan. 

Tentu ada saja mahasiswa yang mengeluhkan tugas yang diberikan oleh Haidir. Namun Haidir  tetap memberikan semangat pantang menyerah kepada mahasiswanya agar mampu menyelesaikan tugas tersebut. “Jangan memikirkan kendalanya sebelum berusaha, berusahalah dulu. Mahasiswa Jurnalistik harus bisa menulis berita di media online” ucap Haidir menyemangati mahasiswanya, Senin (26/11).

Selain itu, beliau juga tidak tanggung-tanggung akan memberikan nilai yang tinggi kepada mahasiswa Jurnalistik apabila ada yang berhasil mengadukan gagasannya dalam bentuk artikel di media cetak, “saya akan memberikan nilai A kepada mahasiswa yang artikelnya dimuat di media cetak, dan saya akan membawanya serta memperlihatkan artikelnya pada grup dosen UIN yang di dalamnya ada Pak Rektor dan para Dekan,” tambahnya di hadapan mahasiswa Jurusan Jurnalistik.

Sejak menugaskan beberapa hari yang lalu pada Senin, 26 November 2018, walhasil hingga saat ini sudah banyak mahasiswa Jurusan Jurnalistik Semester I yang beritanya telah dimuat di media online. Di antaranya ada Ainun Muhammad dengan judul beritanya “Apakah upah naik ataukah hanya penyesuaian”  yang dimuatnya di media online Konfederasi Serikat Nasional, Ayu dengan beritanya yang berjudul “Jorok, Pemakaman Umum jadi Tempat Pembuangan Sampah di Makassar” yang diedarkan di Penarakyat.com, Devi dengan judul beritanya “Vespa, Kopi dan Lapak Buku, Nyala Api Literasi di Pinggiran Jalan Perintis Kemerdekaan” dimuat di media online Gosulsel.com dan masih banyak lagi yang tidak sempat untuk disebutkan satu per satu. 

Inilah cara Dosen Jurnalisme Online memunculkan optimisme pada mahasiswa. Bahwa mengerjakan tugas itu harus butuh keyakinan akan terselesaikannya, seberat dan serumit apapun kendala yang akan dilalui, selama pikiran diarahkan untuk tetap berpikir positif, selama itu pula akan ada jalan yang menghantarkan pada tujuan.  

(Sumber : http://amaliaharwini.blogspot.com/2018/12/picu-optimisme-mahasiswa-semester-i.html )

Berita Terkait